Rabu, 13 Juni 2012

Makanan dan Minuman Penurun Kolesterol


Makanan dan Minuman Penurun Kolesterol

Kolesterol memang sangat berbahaya bagi tubuh, khususnya orang yang berumur sekitar 30 tahun ke atas. Hanya mengkonsumsi makanan yang berlemak dan sejenisnya, bias membuat setiap orang mengalami kolesterol tinggi. Namun, saat ini kolesterol bisa dikurangi dengan makan makanan yang berfungsi sebagai penurun kolesterol. Ingin tahu makanan apa saja yang bisa menurunkan kadar kolesterol yang tinggi. Let’s check this out!
BAWANG PUTIH
Makanan penurun kolesterol pertama adalah bawang putih. Mengkonsumsi bawang putih setengah sampai satu siung sehari secara kontinyu selama satu bulan mampu menurunkan kolesterol sebanyak 9%. Salah satu zat antikolesterol paling kuat pada bawang putih adalah ajoene. Senyawa ini juga dapat mencegah penggumpalan darah. Walau bawang putih dimasak, kandungan senyawa ini tidak rusak. Pada 1981, peneliti dari Pusat Riset Obat-obatan di Tagore Medical College, India, melaporkan efek bawang putih mentah dan goreng yang diujicobakan pada 20 pasien dengan riwayat penyakit jantung. Menurut laporannya, terdapat pengurangan kecenderungan pembentukan bekuan darah pada pembuluh darah mereka. Ini ditunjukkan oleh aktivitas fibrinolitik yang meningkat.
TEMPE
Makanan penurun kadar kolesterol yang kedua adalah tempe. Sekalipun berasal dari rumpun kacang-kacangan, tempe sangat ampuh dalam menurunkan kolesterol. Tempe memiliki kandungan niacin yang mampu menurunkan kolesterol. Tempe mengandung niacin 5 x lebih banyak daripada kedelai.
TEH
Menurut penelitian, EGCG (epigallocatechin gallate), yaitu komponen bioaktif paling dominan dalam teh terbukti mampu mencegah percepatan oksidasi kolesterol LDL (kolesterol jahat). Artinya dengan mengonsumsi teh setiap hari dalam jumlah yang wajar, risiko penyumbatan pembuluh darah penyebab penyakit jantung dapat dikurangi.
ANGGUR
Buah yang satu ini dapat dipercaya bisa menurunkan kadar kolesterol. Selain serat, di dalam buah anggur terdapat pula zat catechin yang sangat baik dalam menurunkan kolesterol.
APEL
Buah yang satu ini sangat terkenal kaya akan serat dan zat antioksidan. Sudah tentu apel pun kaya vitamin C. Maka dari itu, apel bisa juga diandalkan sebagai penurun kolesterol. Sebaiknya apel dikonsumsi beserta kulitnya, karena di kulit inilah terdapat kandungan pektin (serat larut yang ampuh sekali dalam menurunkan kadar kolesterol) dan antioksidan paling banyak.
ALPUKAT/AVOKAD
Selama ini avokad dikenal kaya akan lemak. Tak heran jika buah ini selalu dijauhi manakala kolesterol sedang tinggi. Tapi buah yang satu ini justru sangat baik untuk penderita kolesterol. Buah ini mengandung asam lemak tak jenuh yang baik untuk menurunkan kolesterol jahat.
BLUEBERRY
Buah blueberry mungkin dapat dijadikan salah satu pengobatan alternatif dalam menurunkan kolesterol di tubuh kita. Karena penelitian yang dilakukan para ahli di Amerika dengan menggunakan binatang pengerat memberikan hasil yang memuaskan dalam menurunkan kolesterol. Komponen yang ada dalam blueberry, Pterostilbene, menunjukkan efek yang menstimulasi protein reseptor yang ada dalam sel, yang berperan penting dalam menurunkan kolesterol dan lemak tubuh lainnya.
IKAN
Ikan sangat kaya asam lemak tak jenuh (Omega3). Selain dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah, asam lemak ini juga mencegah terjadinya pengumpulan keping-keping darah yang mengakibatkan penyumbatan pembuluh darah.
Nah, gimana sudah tahu kan makanan apa saja yang bisa menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Jika ada keluarga yang terkena kolesterol bisa dicoba makanan – makanan diatas untuk mencegah kolesterol. Kan lebih baik mencegah daripada mengobati.

0 komentar:

Posting Komentar

Template by:

Free Blog Templates