Rabu, 13 Juni 2012

Contoh Surat Kepada Bupati

Sidoarjo, 8 April 2012
Kepada Yth. Bapak Saiful Illah Selaku Bupati Sidoarjo
Di Tempat

Assalamu’alaikum Wr. Wb
Bapak Bupati yang saya hormati,
Ini adalah surat pertama saya untuk Bapak. Sebelumnya saya ingin memperkenalkan diri. Nama saya Reni Anggraeni dari Madrasah Aliyah Negeri Sidoarjo. Saya ingin berterima kasih kepada bapak atas kegiatan penanaman 1000 pohon yang dilakukan di sekitar alun-alun kota Sidoarjo. Namun, saya ingin memberikan sedikit pendapat saya mengenai penanaman 1000 pohon di Sidoarjo.
Bapak Bupati yang saya banggakan,
Penanaman 1000 pohon merupakan salah satu usaha baik untuk mengurangi dampak global warming yang mengakibatkan produksi oksigen di dunia semakin berkurang karena atmosfer yang bercampur emisi karbon telah mengikat oksigen. Selain mengurangi dampak global warming, penanaman 1000 pohon juga mempunyai tujuan dapat mencegah terjadinya banjir dan meningkatkan kesadaran masyarakat akan betapa pentingnya menanam pohon.
Menanam pohon mempunyai berbagai manfaat antara lain :
1.      Dengan menanam 1 pohon dapat menghasilkan 1,2 kg oksigen/hari.
2.      Menanam 3 pohon di sekitar rumah mampu menghemat biaya AC hingga 50%
3.      Pohon dapat menurunkan partikel debu. Menurut pengamatan Bianpoem (1997) pohon dengan luas 300x400 m² dapat menurunkan kadar partikel debu dari 7.000 partikel/liter menjadi 4.000 partikel/liter.
4.      Pohon juga mencegah efek rumah kaca. Pohon mencegahnya dengan mengganti 3,7  ton CO² menjadi 2 ton O²
5.      Pohon juga mencegah hujan asam yang disebabkan gas CO² yang dihasilkan pabrik. Pohon akan menyerap gas tersebut dan mengubahnya menjadi O²
6.      Selain itu, dengan menanam pohon kelestarian lingkungan terjaga dan dapat membuat Sidoarjo menjadi lebih segar.
Adapun tanaman yang pantas untuk ditanam seperti  pohon trembesi yang mempunyai daya serap CO² tertinggi dari pohon lainnya.
Menurut pandangan islam, menanam pohon merupakan kegiatan beramal sholeh. Seperti sabda Rasulullah SAW dalam haditsnya yang berbunyi :
ﺼﺪﻘﺔ ﺒﻬﻴﻤﺔ ﺍﻻ ﻜﺎﻦ ﻟﻪ ﺒﻪ ﻤﻨﻪ ﻄﻴﺮ ﺍﻮ ﺍﻨﺴﺎﻦ ﺍﻮ ﻴﺰﺮﻉ ﺰﺮﻋﺎ ﻔﻴﺄﻜﻞ ﻤﺎ ﻤﻦ ﻤﺴﻟﻢ ﻴﻐﺮﺲ ﻏﺮﺴﺎ
“Tak ada seorang muslim yang menanam pohon atau menanam tanaman, lalu burung memakannya atau manusia atau hewan, kecuali ia akan mendapatkan sedekah karenanya.” [HR. Al-Bukhoriy dalam Kitab AL-Muzaro'ah (2320), dan Muslim dalam Kitab Al-Musaqoh (3950)]
Jadi, setiap muslim yang menanam tanaman apapun tak akan pernah rugi di sisi Allah SWT. Sebab tanaman tersebut dapat dimanfaatkan oleh siapapun. Jika tanaman yang kita tanam diambil oleh orang lain, maka kita sebagai penanam tetap mendapatkan pahala, sebab tanaman yang diambil tersebut berubah menjadi sedekah bagi kita.
Bapak Bupati yang saya cintai,
Saya mengharapkan penanaman pohon ini tidak hanya dilakukan di sekitar alun-alun kota namun di jalan-jalan desa, pinggir jalan raya. Saya juga mengharap agar Bapak melakukan penyuluhan dan mengajak seluruh lapisan masyarakat Sidoarjo terutama para siswa – siswi generasi muda di setiap sekolah di Kabupaten Sidoarjo.
Demikian surat dari saya. Saya mohon maaf apabila ada kesalahan kata.
Wassalamu’alaikum Wr. Wb

0 komentar:

Poskan Komentar

Template by:

Free Blog Templates